04 March 2017

Cara Memperbaiki HP Samsung Rusak Terkena Air

Purtekno.com - Jika anda saat ini sedang mengalami masalah HP rusak karena terkena air, baik itu sebab terkena air hujan atapun jatuh pada bak mandi. Harap tenang dan jangan kawatir, karena pada kesempatan kali ini PurTekno akan sedikit membantu untuk mengatasinya biar HP anda bisa normal kembali dan tidak mengalami kerusakan.

Memang pada dasarnya jika HP terkena air dan tidak langsung diantisipasi, maka bisa akan menyebabkan kerusakan yang parah dan harus diservis dan tentunya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.  Maka dari itu dalam tips yang akan PurTekno berikan yaitu cara mengantisipasi ketika HP anda baru saja mati terekena air.


Cara Memperbaiki HP Samsung Rusak Terkena Air

Untuk itu jika HP anda terkena air alangkah baiknya jika penangan harus langsung dilakukan dalam waktu itu juga, jangan sekali-kali dibiarkan dalam waktu yang lama. Karena hal tersebut dapat membuat rusak komponen penting seperti PCB, Komponen PCB adalah komponen utama tempat penting dimana terdapat seperti CPU, Ram dan lainnya.

Sedangkan untuk kerusakan yang masih tergolong ringan, bisanya terjadi pada slot kartu sim, speaker dan juga LCD. Oleh karena itu untuk mengantisipasi kerusakan berbagai macam yang ada diatas, silahkan anda ikuti penjelasannya sebagai berikut.

Lepaskan Memori Card, Baterai dan juga Kart SIM

Inilah hal wajib pertama kalinya yang harus dilakukan, karena baterai jika tidak langsung dilepaskan takutnya nanti akan terjadi konslet jika terkena air dalam waktu yang lama. Jadi biarkanlah terlebih dahulu sampai komponen HP anda dan baterai tersebut benar-benar sudah kering.

Bongkar Chasing

Langkah yang kedua yaitu anda harus melepaskan chasing HP anda, karena jika tidak cepat dilepas pastinya air yang ada didalam tidak bisa kering sepenuhnya, usahakan kompenen bagian dalam keringkan dengan kipas air ataupun hairdreyer atau apapun yang dapat membuat air dalam HP bisa hilang dan cepat kering.

Bersihkan LCD

Langkah yang ketiga yaitu anda usahakan bersihkan bagian LCD dengan kain ataupun tisu yang bertesktur halus, untuk menghilangkan bagian air ataupun debu yang menempel pada LCD. kemudian jika sudah bersih usahakan juga sambil dikeringkan dengan heirdrayer.

Rakit HP Kembali

Jika komponen HP tersebut sudah benar-benar kering, anda bisa merakitnya kembali sambil anda bisa perhatikan masihkah ada percikan air yang ketinggalan dikomponen tersebut. Jika semua sudah rampung dan dirasa aman (kering semua) silahkan anda usahakan rakit dengan benar dan hati-hati agar komponen tersebut tidak rusak.

Jika semua tips yang ada diatas dilakukan dengan benar, pastinya ponsel akan kembali seperti semula.

Semua tips yang ada diatas merupakan tips pertolongan pertama yang bisa anda lakukan. Jika dalam tips yang ada diatas belum bisa menyelesaikan masalah HP anda, saya sarankan untuk membawanya secepat mungkin ke Couter untuk segera diperbaiki.

Baca Juga : Cara Membuka Kunci Pola Yang Terblokir Pada HP Samsung

Demikianlah tips yang bisa kami sampaikan, jika ada salah kata dan informasinya kurang jelas, silahkan hubungi kami pada menu komen yang sudah disediakan dibawah.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Modern Warfare 3